Gear Ratio Pada Tamiya

Sunday, July 28th, 2013 - Tips & Trik Tamiya

Gear ratio adalah sistem transmisi antara motor listrik ke roda pada tamiya. Penggunaan atau lebih tepatnya pemilihan gear ratio yang dipasang pada suatu tamiya akan memberikan pengaruh besar terhadap kecepatan dan akselerasi pada suatu mobil mini4wd tersebut. Gear ratio yang digunakan dalam perlombaan tamiya di indonesia ada 2 kategori yaitu kategori gir langsung dan gir seri. Gir seri digunakan untuk pelombaan tamiya kelas standart, sedangakan penggunaan gir langsung pada perlombaan tamiya kelas speed. Dalam artikel ini akan di informasikan beberapa jenis gear ratio yang ada di pasaran.

Gear ratio,gir tamiya,gir seri,gir langsung,jenis gir tamiya,tipe ger ratio,gear ratio mini 4wd,gir mini 4wdGear Ratio Pada Tamiya

1. Gear Ratio Kategori Gir Seri

Pada kategori gir seri ini sistem transmisi mobil mini 4wd atau tamiya terdiri dari 3 gir yaitu :

  • Gir Pinion
  • Gir Tengah
  • Gir As

Gir pinion adalah gir yang terpasang pada mesin atau dinamo tamiya, gir tengah adalah gir yang menghubungkan antara gir pinion dan gir pada as roda. Pada sistem transmisi gir seri ini dari dikenal 3 ratio pilihan gir seri yang sering digunakan dalam perlombaan yaitu ratio 4:1 kemudian ratio 4,2 : 1 dan ratio gir 5:1. Ketiga ratio tersebut memiliki karakteristik masing-masing dan tujuan penggunaan masing-masing yang akan dibahas lebih detil dalam artikel yang lebih fokus dalam seting gir seri selanjutnya. Selain ketiga ratio gir seri sesuai standart tamiyatersebut sebenarnya ada lagi giseri dengan ratio yang lain, seperti gir seri pada mobil mini 4wd dengan chasis pro, kemudian pada merk Aoda dan ada lagi gir seri untuk tune up yang lebih dikenal dengan istilah gir pink dengan gir pinion yang lebih besar.

2. Gear Ratio Kategori Gir Langsung

Pada kategori gir langsung ini sistem transmisi antara mesin atau dinamo ke roda hanya menggunakan 2 buah gir saja, yaitu gir pinion dan gir as roda saja. Pada sistem transmisi gir langsung ini di desain untuk mendapatkan atau cenderung fokus pada output RPM roda yang tinggi. Hal ini karena gir yang tersedia dipasaran untuk kategori gir langsung memiliki ratio antara 2,7 : 1 sampai 1,05 : 1. Penggunaan sistem transmisi dengan gear ratio tipe seri ini dapat ditemui pada kelas tune up atau kelas speed.

Pemilihan gear ratio yang tepat dalam suatu perlombaan tamiya akan memberikan hasil maksimal terhadap laju mobil mini 4wd dengan kondisi track dan mesin yang ada. Oleh karena itu, baik pada kategori gir langsung maupun gir seri, seting gear ratio sistem transmisi mobil mini 4wd ini perlu diperhatikan.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Gear Ratio Pada Tamiya"
Buat Pesan Untuk "Gear Ratio Pada Tamiya"