Magnet Mesin Tamiya

Monday, December 28th, 2015 - Tips & Trik Tamiya

Magnet mesin tamiya merupakan salah satu kunci untuk membuat mesin tamiya bertenaga dan memiliki putaran mesin tinggi, oleh karena itu perlu dipilih dan disesuai kan dengan tepat sesuai gulungan mesin, baterai, gir transmisi dan track yang digunakan. Dipasaran banyak sekali merk magnet mesin tamiya yang dapat kita gunakan untuk membuat mesin tamiya, jadi kita dapat memilih magnet mesin tamiya dengan leluasa.

Tips Memilih Magnet Mesin TamiyaDipasaran setiap jenis magnet mesin tamiya dijual dalam beberapa ukuran dan merk, karena banyaknya merk magnet tamiya yang ada dan kebanyakan merk tersebut hanya sekedar branding dari toko tamiya karena kebanyakan magnet tersebut mereka dapatkan dalam kondisi tanpa merk sehing diberi label sendiri, oleh karena itu perlu kita ketahui jenis dan ukuran magnet mesin tamiya.

Jenis Magnet Mesin Tamiya Berdasarkan Karakter

Advertistment

Magnet mesin tamiya yang dijual dipasaran terdiri dari bberapa jenis dan ukuran, oleh arena itu perlu kita ketahui jenisnya agar kita tidak salah beli. Pada dasarnya magnet mesin tamiya dapat dibedakan dalam beberap jenis sebagai berikut :

  • Strong
  • Medium
  • Soft

Magnet mesin tamiya jenis strong adalah magnet yang memiliki gaya magnet kuat, sehingga daya tarik magnet yang dimiliki magnet tipe ini kuat. Magnet tipe ini dapat digunakan untuk menghasilkan mesin tamiya dengan tenaga besar, akan tetapi konsumsi daya yang dibutuhkan dari baterai juga besar. Oleh karena itu apabila dalam lomba balap tamiya tersebut menggunakan baterai dengan daya rendah hindari jenis magnet ini.

Magnet mesin tamiya jenis medium adalah magnet yang memeiliki gaya magnet sedang tidak terlalu kuat dan tidak lemah. Magnet seperti ini banyak digunakan oleh para pemain karena lebih leluasa memilih gir transmisi dan membuat gulungan dinamo mesin tamiya. Dengan magnet tipe ini tenaga mesin dan kecepatan putaran mesin yang dihasilkan seimbang dan dapat diatur dari jumlah gulungan mesin dan baterai yang digunakan.

Magnet mesin tamiya jenis soft adalah magnet yang memilki gaya magnet rendah, magnet jenis ini cocok digunakan untuk lomba balap tamiya dengan baterai berdaya rendah. Magnet jenis ini dapat menghasilkan putaran mesin yang tinggi akan tetapi tenaga yang dihasilkan dengan magnet ini kurang, oleh karena itu perlu dipilih gir transmisi yang tepat agar tidak membebani mesin tamiya.

Ukuran Magnet Mesin Tamiya

Ukuran magnet mesin tamiya yang ada dipasaran cukup banyak dari ketebalan 1,5 – 2,6 mm dengan panjang dari 10 – 13,5 mm. Ukuran magnet ini akan menentukan spasi antara magnet dan current atau angkur mesin, dimana semakin dekat antara kedunya maka semakin besar gaya magnet yang terjadi pada saat mesin tamiya diberikan sumber tegangan dari baterai. Dimana semakin tinggi gaya magnet yang terjadi maka semakin besar torsi atau tenaga yang dihasilkan mesin akan tetapi putaran mesin tidak maksimal dan sebaliknya. Oleh karena itu perlu pemilihan ukuran magnet yang tepat.

Contoh Magnet Mesin Tamiya

Magnet BM Magnet HJH Magnet Ferrari Magnet JY Gold Magnet Gold Magnet Lemans Magnet Kawatomo Magnet Titi Magnet Zdush Magnet JY Kopi Susu Magnet Auldey GFS Magnet EVO Magnet Kopi Tubruk Bintang-Bintang Magnet JY Hitam

Tips Memilih Magnet Mesin Tamiya

Dalam memilih magnet sebaiknya pilih sesuai baterai yang digunakan, bila menggunakan baterai bertenaga seperti auldey atau tamiya jangan ragu menggunakan magnet strong tapi apabila menggunakan baterai biasa seperti pada kelas TWT sebaiknya menggunakan magnet soft. Kemudian pada saat membeli magnet usakan beli magnet yang sama minimal 2 buah, hal ini untuk mengantisipasi agar dapat bergantian penggunaannya, karena dalam kondisi panas magnet mesin tamiya tidak memberikan kontribusi yang maksimal.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Magnet Mesin Tamiya"
Buat Pesan Untuk "Magnet Mesin Tamiya"