Membuat Charger Bom Dengan Travo

Friday, July 12th, 2013 - Toolkit

Charger bom untuk tamiya dapat juga dibuat menggunakan travo (transfomator). Charger baterai tamiya jenisbomyang dibuat menggunakan travo ini sangat sederhana dan mudah untuk dibuat oleh pemula sekalipun. Travo yang digunakan untuk membuat charger bom untuk tamiya sebaiknya diatas 10A, hal ini disebabkan karena konsusmsi arus pada saat mengisi baterai dengan cepat membutuhkan supply arus yang stabil dan besar. Apabila travo yang digunakan untuk membuat charger bom ini memiliki kemampuan mengalirkan arus yang cukup (diatas 10A) maka kualitas pengisian juga akan baik, akan tetapi apabila travo yang digunakan untuk membuat charger bom ini kapasitas mengalirkan arusnya kurang, maka kualitas pengisian baterai juga akan buruk. Selain itu travo yang terlalu kecil tersebut akan panas dan cepat rusak karena mengalami kondisi panas yang berlebihan (over heat).

Bahan Pembuatan Charger Bom Dengan Travo

Bahan yang diperlukan untuk membuat charger bom dengan travo diantaranya sebagai berikut :

  • Transformator (travo)
  • Dioda bridge (kuprox)
  • Electrolit Condensator (Elco)

Dari ketiga bahan atau komponen diatas sudah dapat digunakan untuk membuat charger bom tamiya dari travo yang sederhana, rangkaian dasar charger bom sama saja dengan suatu dioda tanpa regulator tegangan. Rangkaian charger bom dari travo ini sangat sederhana dan dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Charger Bom Dengan Travo

rangkaian charger bom,charger bom,charger bom untuk tamiya,charger tamiya,charger bom travo,charger tamiya travo,membuat charger bom,jual charger baterai tamiya,pesan charger bom tamiya,harga charger bom tamiya,jual charger bom tamiyaRangkaian Charger Bom Dengan Travo, Sumber image.google.com

Dari gambar rangkaian charger bom dengan travo diatas dioda bridge tersebut merupakan 1 unit dioda kuprox dan elco atau kapasitor yang digunakan adalah 3300 uF/16V. Untuk travo yang digunakan adalah travo tanpa CT dengan arus minimal 10 A. Tegangan output travo yang digunkaan sebaiknya menggunakan 3 – 6V saja. Kondisi ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas pengisian yang baik.

Apabila dapat membuat travo sebaiknyamembuat sendiri atau pesan travo dengan kapasitas arus minimal 10A -25A dengan tegangan output 3V dan 5V saja. Karena berdasarkan pengalaman kualitas pengisian yang baik untuk pengisian low menggunakan tegangan 3 volt sedangkan untuk highnya adalah 5 volt.

Charger bom dengan travo ini membutuhkan tegangan input yang stabil, sehingga disarankan untuk selalu membawa stavolt pada saat lomba untuk memperoleh tegangan listrik yang stabil. Sebagai aksesoris tambahan sekaligus untuk memonitor tegangan dan arus pengisian baterai maka dalam charger bom dapat di tambahkan dengan multimer untuk menampilkan tegangan baterai dan arus pengisian baterai. Semoga tulisan yang sedikit ini dapat memberikan informasi tentang pembuatan charger bom tamiya dengan travo.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Membuat Charger Bom Dengan Travo"
9 Komentar Untuk Artikel "Membuat Charger Bom Dengan Travo"
Buat Pesan Untuk "Membuat Charger Bom Dengan Travo"