Mengenal Bagian Atau Komponen Mobil Tamiya

Saturday, August 9th, 2014 - Info Mini4WD

Mobil tamiya disusun dari bagian atau komponen mobil tamiya yang bersifat utama dan pendukung atau upgrade. Mobil mini 4WD atau yang sering disebut sebagai tamiya merupakan kit mainan jenis mobil-mobilan yang disusun dari beberapa komponen utama dan komponen pendukung. Dalam penjualan kit mobil tamiya pada umumnya didalam box atau kemasan tersebut telah lengkap dengan komponen-komponen utama dan komponen pendukung suatu mobil tamiya sesuai merk tipe atau jenis kit mobil tamiya tersebut. Secara garis besar komponen-kompoenen untuk merakit sebuah mobil tamiya atau mini 4wd dapat memiliki fungsi sebagai berikut.

Bodi Tamiya,komponen tamiya,komponen mobiltamiya,komponen mini 42d,jual part tamiya

Fungsi Komponen Tamiya

Advertistment

Beberapa komponen utama dan komponen pendukung untuk merakit sebuah mobil mini4wd memiliki nama dan fungsi yang berbeda. Beberapa komponen utama sebuah mobil tamiya adalah sebagai berikut.

1. Chassis

komponen tamiya,komponen mini 4wd,bagian tamiya,jual chasis tamiya,chasis tamiya Chassis adalah komponen utama dalam merakit mobil tamiya, chassis terdiri dari beberapa frame atau bagian yang berfungsi untuk menggabungkan atau menyatukan komponen-komponen yang lain sehingga menjadi mobil tamiya yang utuh. Pada mobil tamiya atau mini 4wd, chassis adalah frame utama yang terletak pada bagian bawah mobil yang berfungsi sebagai komponen untuk menempatkan komponen-komponen  tamiya yang lain. Tanpa adanya chassis, mobil tamiya atau mini 4wd tidak mungkin berjalan. Pada umumnya komponen tune-up juga dipasang pada bagian chassis. Jadi peranan chassis cukup penting dalam mini 4wd. Tipe chassis mobil tamiya ada beberapa macam diantaranya chasis tamiya dengan mesin dibelakang (chassis zerro, chassis super 1, chassis TZ, chassis super 2 dan chassis AR), chassis tamiya dengan mesin di depan (chassis FM) dan chasis tamiya dengan mesin ditengah (chassis pro, chassis MA).

2. Motor

Mesin Tamiya,mesin plasma,jual mesin tamiyaMotor adalah mesin yang didisain untuk mengubah energi listrik dari batere menjadi gerakan mekanik. Motor yang dipakai pada mobil mini 4wd atau tamiya biasa juga disebut sebagai dinamo. Motor atau dinamo tamiya berfungsi sebagai mesin penggerak, sehingga gear dapat memutar roda mobil tamiya. Agar mobil tamiya dapat melaju dengan baik, mobil tamiya membutuhkan mesin atau yang tepat. Karakteristik dalam pemilihan motor atau dinamo biasanya terdiri atas dua hal, yaitu putaran mesin atau sering disebut sebagai RPM dan tenaga yang mampu dihasilkan mesin atau sering disebut sebagai Torque. RPM berkaitan langsung dengan top speed yang akan dimiliki mobil. Semakin tinggi nilai RPM-nya semakin tinggi top speed-nya. Sedangkan Torque berkaitan langsung dengan akselerasi (percepatan). Semakin tinggi Torque-nya semakin tinggi pula akselerasi yang akan dimiliki mobil.

3. Gear

Gear Tamiya,gir tamiya,jualgir tamiya,harga gir tamiyaGear adalah suatu komponen mobil mini 4wd yang berputar pada mesin dan as roda mobil yang memiliki sejumlah gigi. Gear mobil mini4wd atau tamiya berfungsi untuk mengirimkan puatran dan tenaga dari mesin ke roda mobil mini4wd.  Suatu mesin yang memakai gear dapat mengubah kecepatan, besar kekuatan, dan arah dari sumber tenaga (mesin). Ada beberapa hal yang dapat diuraikan dari seting gear ini, tapi yang paling penting dari gear adalah gear ratio. Gear ratio adalah perbandingan putaran antara motor dengan roda. Contohnya, jika gear dengan ratio 4:1, maka saat motor berputar 4 kali maka ban berputar 1 kali. Gear dengan ratio gear kecil, seperti 4:1, akan menghasilkan speed yang besar. Sedangkan dengan ratio gear yang lebih besar seperti 5:1, akan lebih menghasilkan akselerasi.

4. Roda

Roda Tamiya,ban tamiyaRoda dapat didefinisikan sebagai benda yang berbentuk lingkaran yang dipasang sebagai tumpuan atau pijakan mobil tamiya pada track dengan tujuan dapat mempermudah pergerakan karena permukaan gesek yang relatif lebih sedikit. Roda pada mobil tamiya atau mini 4wd bisa dikatakan sebagai “kaki” yang digunakan untuk berjalan. Semua mobil tamiya bergerak menggunakan roda. Roda mobil tamiya terdiri atas dua bagian, yaitu velg dan ban. Baik velg ataupun ban yang dipakai punya kategori dan ukuran yang berbeda. Pemilihan kategori dan ukuran bergantung pada kebutuhan saat balapan. Misalnya, dibutuhkan mobil yang punya top speed tinggi, maka dapat dipakai velg ukuran besar dengan ban yang punya permukaan sentuh sedikit (narrow). Karena pemilihan ban yang akan dipakai akan mempengaruhi performa dari mobil tamiya.

5. Roller

Roller TamiyaRoller memiliki pengertian mirip dengan roda, tetapi roller memiliki fungsi yang berbeda. Roller memiliki fungsi sebagai kemudi agar mobil tamiya dapat berbelok pada tikungan track. Selain itu roller juga berfungsi untuk mengurangi gesekan saat berbelok, oleh karena itu pada saat berbelok hanya roller yang boleh bersentuhan dengan dinding track. Roller penting untuk mobil mini 4wd, karena tanpa roller mobil akan kesulitan saat melaju di track balap, atau efek terparahnya mobil bisa saja terpelanting dan rusak karena bergesekan dengan dinding track pada saat melaju di lintasan. Ada beberapa hal penting dalam pemilihan roller karena akan mempengaruhi performa mobil, yaitu ukuran, lokasi pemasangan roller, dan sudut kemiringan pemasangan roller. Jenis roller tamiya pun cukup beragam seperti roller plastik, roller alumunium, dan roller yang bagus menggunakan ball bearing. Jenis roller yang berbeda akan menghasilkan performa yang berbeda pula.

6. Kap Atau Body Mobil Mini 4WD

Body Tamiya,komponen tamiya,komponen mobiltamiya,komponen mini 42d,jual part tamiyaKap atau body mobil biasanya tersedia dalampaket pembelian mobilmini 4wd. Karena body atau kap mobil biasanya menjadi penentu seseorang membeli mobil mini 4wd tersebut. Body tamiya bukan hanya sebagai “pemanis” atau sekedar agar terlihat seperti mobil, tapi juga sebagai pelindung. Body menutup sebagaian besar besar chassis dari atas dimana di dalamnya terdapat komponen penting seperti mesin, gear dan baterai. Body mobil akan menghasilkan “down force”, akibat gaya aerodinamik yang dihasilkan body tersebut. Gaya down force ini membuat mobil tertekan kebawah sehingga mobil lebih mencengkram track.

7. Batere

baterai tamiyaBatere adalah sumber energi listrik untuk motor atau mesin tamiya. Batere mobil tamiya dapat dianalogikan sebagai BBM pada kendaraan, oleh karena itu kualitas batre akan berpengaruh pada performa laju mobilmini 4wd. Tipe atau jenis batere yang digunakan untuk tamiya adalah tipe AA. Merk batere yang biasa digunakan dalam perlombaan diataranya Tamiya, Auldey, Sanyo, HW dan VMP.Semakin baik kualitas batere yang digunakan pada mobilmini 4wd maka sebakin baik pula laju mobil mini 4wd.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Mengenal Bagian Atau Komponen Mobil Tamiya"
1 Komentar Untuk Artikel "Mengenal Bagian Atau Komponen Mobil Tamiya"
Buat Pesan Untuk "Mengenal Bagian Atau Komponen Mobil Tamiya"