Merawat Baterai Baru Dengan Powerex MHC 9000

Tuesday, October 27th, 2015 - Tips & Trik Tamiya

Merawat baterai tamiya dapat dilakukan dengan charger seperti powerex, pada artikel ini cara merawat baterai dilakukan menggunakan charger powerex MHC 9000. Baterai tamiya yang akan digunakan dalam perlombaan balab mobil mini 4wd sebisa mungkin dirawat dahulu sebelum dipakai. Fungsi perawatan baterai tamiya ini adalah untuk membangkitkan sel-sel baterai agar siap di isi sehingga dapat di isi sampai kapasitas maksimal baterai dan mampu memberikan arus maksimal (drain current yang maksimal) pada saat digunakan untuk perlombaan tamiya. Cara merawat baterai sebelum digunakan dalam perlombaan tamiya dapat menggunakan mode break-in, refresh & analyze dan cycle pada charger powerex MHC 9000. Pada intinya semua fungsi perawatan baterai pada charger powerex MHC 9000 diatas sama, yang membedakan adalah pola atau metode seting yang dapat diterapkan pada tiap mode tersebut.

Merawat Baterai,cara merawat baterai,merawat baterai baru,merawat baterai untuk lomba, merawat baterai NICD,merawat baterai NIMH,Merawat baterai SanyoMerawat Baterai Dengan Powerex, Sumber : image.google.com

Merawat Baterai Baru Atau Lama Tidak Digunakan Dengan Powerex MHC 9000

Lihat halaman selanjutnya …

Untuk merawat baterai yang masih baruatau yang lama tidak digunakan sebaiknya menggunakan mode break-in pada powerex MHC 9000. Mode break-in ini berfungsi atau dapat digunakan untuk membangkitkan dan menata ulang struktur sel-sel baterai sehingga siap diberikan muatan secara maksimal. Untuk seting pada mode break-in ini tinggal di seting kapasitas baterai yang akan dirawat, misalnya kita set 800 mAH. Maka dengan seting tersebut pada mode breakin kana merawat baterai sampai diperoleh kapasitas minimal baterai 800 mAH. Perlu di ingat jangan memaksakan seting kapasitas mode breakin yang jauh dari nominal kapasitas yang tertera pada baterai, sehingga dapat merusak baterai pada saat perawatan dengan mode break-in yang diakibatkan panas berlebihan pada baterai. Hal ini disebabkan karena powerex dengan mode breakin tidak akan berhenti melakukan proses charge hingga kapasitas terpenuhi, kadang akan dipaksa done oleh sistem powerex karena terjadi over heating (panas berlebih) yang terdeteksi oleh sensor panas pada baterai.

Baterai yang harus dirawat dengan baik adalah baterai rechargerable jenis NICD, hal ini karena baterai jenis NICD dapat mengalami memori effect. Sehingga kapasitas baterai jenis NICD ini dapat berkurang dan kemampuan mengalirkan arus akan terhambat karena meningkatnya resistansi internal baterai yang disebabkan terjadinya memori effect pada baterai tersebut. Merk baterai seperti Sanyo 700, HW dan VMP 800 merupakan salah satu baterai dengan jenis NICD sehingga diperlukan proses perawatan baterai yang benar.

Kategori baterai yang sebaiknya dirawat dengan mode break-in melalui powerex MHC 9000 ini adalah baterai yangbarubuka dari bungkusnya atau baterai yang lama tidak digunakan, misalnya 2 atau 3 bulan tidak digunakan. Dengan kondisi baterai yang seperti itu mode yang tepat untuk merawat baterai adalah mode break-in.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Merawat Baterai Baru Dengan Powerex MHC 9000"
12 Komentar Untuk Artikel "Merawat Baterai Baru Dengan Powerex MHC 9000"
  • Erwan says:

    Harganya kalau yg gini berapa om ?

  • ocheim says:

    Maav gan.. Mau tanya.. Se umpama, batre sy 1000.. Dan itu sudah lama rusak, sekitar 6 bulan.. Sy mau cb pk powerex brek in nya sy samakan 1000 mah.. Apa bs normal lgi atau malah merusak??

    • Mini4WD says:

      Kalau untuk breakin batere sebaiknya disamakan kapasitas tertulis di batere.Powerex akanseting otomatis arus charge dan dischargenya. Kalau utk batere yg rusak secara kapasitas masih bs ditolong wlp tidak maksimal lagi. Tapi kalauyakin batre rusak dalam artian short atau open lebih baik jangan di breakin. Sayang powerexnya nanti ikut rusak.

  • Nofa says:

    numpang nanya gan,
    sy kebetulan orang awam soal tamiya, kebetulan kemaren beli 1 kit tamiya plus baterai n charger na, nah baru tau klo charger yg sy beli itu ternyata charger boom, kata na klo baterai dicharge pake itu bakalan cepet rusak,
    jd yang mau sy tanya, kapan yah gan charger boom itu seharusnya dipake n sesering apa boleh dipakenya?

    • Mini4WD says:

      Charger bom pada prinsipnya dibuat untuk “meningkatkan performa batere pada saat race” jadi pemakian charger ini pada saat batere telah terisi full menggunakan charger dengan rate arus rendah seperti powerex, vanson dll baru batere di charge lagi pake charger bom tepat sesaat sebelum race kelas speed atau drag dimulai. Misal dipake seharian sebaiknya pake charger dgn rate arus rendah aja mas vanson piano sdh bagus dan murah.

  • robert says:

    Saya mau beli chargernya gimana ya om? Tlg info

  • Anthon says:

    Slmt Malam. Maaf klu saya mengganggu.
    Mohon bantuannya : tahapan untuk mengelola bateray baru dan bekas dengan kapasitas 700 – 2450 mah bagaimana caranya kalau mempergunakan Powerex MHC 9000?

  • Pandu says:

    Klo pake batre NiMH bisa ga pake tamiya? Misal eneloop, apa masi perlu proses breakin/discharge/refresh td? Makasi gan..

  • Junio says:

    Om mai nanya,saya pake batre tamiya neochamp,dan kapasitasnya 950mah,di powerex ga bisa pake 950mah kalo di breakin,apakah gpp powerex settingnya di 1000mah ?

  • SandyPartha says:

    Hallo bos…
    Kenapa proses break in masih berjalan pdhl dlm layar udh menampilkan jumlah maksimal baterai?
    Contoh:
    set mode break in 1000mAh, tp sudh 1010mAh blum muncul “done”

Buat Pesan Untuk "Merawat Baterai Baru Dengan Powerex MHC 9000"