Mesin Tamiya Kelas TWT

Friday, June 28th, 2013 - Info Mini4WD

Mesin TWT memiliki desain lilitan atau gulungan yang jauh berbeda dari sisi jumlah lilitan dibandingkan dengan mesin tamiya untuk kelas yang lain. Kelas TWT merupakan salah satu kelas balap tamiya yang menggunakan batere standart dengan harga murah meriah non rechargerable seperti baterai ABC biru, panasonic dan baterai merk lain untuk kebutuhan rumahan. Karena menggunakan bateraidengan kualifikasi rendah (low current) maka desain mesin TWT pun juga harus disesuaikan aga tetap dapat melaju dengan baterai tersebut. Gulungan mesin TWT pada umumnya dibuat menggunakan model single dengan jumlah lilitan yang banyak, jumlah lilitan untuk mesin TWT ada yang dibuat dari 31 hingga 35 lilit untuk setiap kutup pada currentnya. Untuk membuat mesin tamiya kelas TWT dapat dibuat dengan current ukuran 10-11 mm dengan kawat 0,35 – 0,5 mm yang dililit secara piramid seperti ditunjukan pada gambar mesin TWT berikut.

Contoh Skema Mesin TWT

mesin TWT, gulunag mesin TWT,skema mesin TWT,mesinkelas TWT,mesin baterai TWT,membuat mesin tamiya TWT,membuat mesin TWT,gulungan mesin tamiya TWT,jual mesin TWT,harga mesin TWT,cara membuat mesin TWT,Mesin Tamiya Kelas TWT

Pada gambar diatas terlihat struktur atau skema lilitan dari mesin TWT dengan kawat 0,45 yang dililit dengan model piramid dengan jumlah lilitan 31 lilitan. Jumlah lilitan dibuat 31 lilitan bertujuan untuk mendapatkankonversi daya magnet yang cukup dari baterai dengan kemampuan mengalirkan arus listrik yang rendah. Gambar diatas merupakan skema mesin TWT yang dapat digunakan dalam balap mobil tamiya kelas TWT, jumlah lilitan dapat disesuaikan dengan panjang track yang digunakan pada perlombaan kelas TWT tersebut. Semakin panjang track sebaiknya jumlah lilitan ditambah, dengan tujuan mengurangi konsusmsi arus dari baterai sehinggatidak terlalu boros. Ukuran kawat dalam membuat mesin TWT sebaiknya disesuaikan dari luas penampang current yang digunakan, dapat menggunakan kawat email dariukuran 0,35 mm hingga 0,5 mm. Apabila luas penampang kutup current luas sebaiknya menggunakan kawat ukuran 0,5 mm, dan kawat email ukuran yg lebih kecil apabila tidak dapat memasukan 6-7 lilit pada dasar current untuk mesin TWT tersebut. Gunakan current yang memiliki berat yang kecil untuk mengurangi konsumsi daya dari baterai sekaligus untuk meningkatkan RPM mesin TWT. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan gambaran dalam membuat mesin tamiya kelas TWT.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Mesin Tamiya Kelas TWT"
1 Komentar Untuk Artikel "Mesin Tamiya Kelas TWT"
Buat Pesan Untuk "Mesin Tamiya Kelas TWT"