Mesin Tamiya/Mini 4WD

Thursday, June 6th, 2013 - Info Mini4WD

Mesin tamiya atau mini 4WD pada dasarnya terdiri dari beberapa bagaian seperti, current (angkur) magnet, dan brush yang diletakang dalam suatu tabung atau tempat mesin. Akan tetapi kebanyakan para penggemar mini 4wd atau tamiya ini apabila menyebut mesin tamiya maka identik dengan gulungan kawat email pada current atau angkur. Mesin tamiya sering juga disebut juga dengan dinamo tamiya, walaupun salah penyebutan tetapi istilah dinamo tamiya tersebut telah populer. Untuk memenuhi kebutuhan dari para penggemar mini 4wd mesin atau gulungan dibuat dalam berbagai tipe atau cara membuat gulungan tersebut. Istilah – istilah gulungan yang banyak berkembang di dunia mini 4wd berdasarkan tipe gulungan mesinnya adalah :

  • Mesin tamiya single
  • Mesin tamiya double
  • Mesin tamiya triple
  • Mesin tamiya kwartet

Contoh Mesin Tamiya

mesin tamiya,dinamo tamiya,mesin tamiya speed,gulungan tamiya,gulungan speed,mesin single,mesin double,mesin triple,mesin kwartetContoh Mesin Tamiya, sumber : image.goolge.com

Secara harafiah penamaan tipe gulungan mesin tamiya diatas berdasarkan cara membuat gulungan mesin dari kawat email yang dililitkan pada current atau angkur tamiya tersebutdapat dijelaskan sebagai berikut.

Mesin Tamiya Single

Mesin single, yaitu mesin atau gulungan tamiya yang dibuat dengan cara melilitkan 1 kawat email sekaligus dalam 1 sisi current atau angkur. Misalnya kita membuat mesin single dengan kawat o,8 mm. Yaitu kita lilitkan kawat ke current hingga beberapa lilit sampai membentuk piramid atau memenuhi sisi current atau angkur tersebut.

Mesin Tamiya Double

Mesin tamiya double hampir sama dengan mesin tamiya single, bedanya untuk memenuhi ronga sisi pada current dibuat 2 lapisan kawat email. Oleh karena itu untuk membuat mesin double kawat email yang digunakan ukurannya lebih kecil. Pada mesin double ini sering dikenal istilah double 99 o,6mm yang berarti mesin dibuat dengan 2 kawat email dengan ukran kawat 0,6 mm dan dililit 9 lilit utk lapisan pertama dan 9 lilit untuk lapisan keduanya.

Mesin Tamiya Triple

Mesin tamiya triple sama seperti mesin tamiya double, bedanya terletak pada jumlah lapis gulungan atau lilitan kawat email yang digunakan. Misalkan disebutkan nama mesin triple 9 9 9 0,45mm. Istilah mesin triple sepert itu berarti mesin dibuat dengan kawat o,45 mm dililit triple dengan jumlah lilitan 9 lili untuk tiap lapis gulungan pda tiap sisinya.

Mesin Tamiya Kwartet

Mesin tamiya kwartet pada dasarnya sama saja dengan mesin triple, bedanya terletak pada jumlah lapis kawat yang digunakan untuk melilit current atau angkur tersebut. Misal Mesin kwartet 0,35 9 9 9 9, maka istilah tersebut berarti mesin tamiya tersebut dibuat empat lapis dengan kawat 0,35 mm dan dililit 9 lili untuk tiap lapis lilitan kawatnya.

Pada dasarnya pembuatan mesin tamiya ini sama saja, karena prosesdur melilitkan kawatnya sama hanya bedabentuk dan berapa jumlah ilitan serta berapa lapis untuk membuatnya. Bahkan di kalangan penggemar mini 4wd atau tamiya ada yang membuat mesin hingga 5 lapis atau 8 lapis sesuai pengalaman kami dalam membuat mesin tamiya.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Mesin Tamiya/Mini 4WD"
6 Komentar Untuk Artikel "Mesin Tamiya/Mini 4WD"
Buat Pesan Untuk "Mesin Tamiya/Mini 4WD"