Modifikasi Mesin Standart Tamiya

Thursday, September 18th, 2014 - Info Mini4WD

Modifikasi mesin standart dengan maksud meningkatkan kecepatan (putaran mesin/RPM mesin). Pada perlombaan kelas standart dengan kategori mesin standart dapat kita tingkatkan kecepatan mobil standart tersebut dengan cara memodifikasi mesin standart tersebut. Akan tetapi sebaiknya ditanyakan dahulu kepada panitia, apakah mesin boeh dimodifikasi, karena sayang bila telah dimodifikasi mesin stabdart tersebut dan regulasi panitia tidak mengijinkan modifikasi mesin standart.

Mesin Standart Box

Modifikasi Mesin Standart

Advertistment

Untuk mendapatkan mesin standart yang lebih cepat dari kondisi aslinya dapat dimodifikasi dengan beberapa cara yaitu :

  • Mengurangi jumlah lilitan
  • Mengganti magnet dengan magnet standart lain yang lebih kuat
  • Mengganti brush dengan brush tembaga untuk speed

Cara Modif Mesin Standart

Mesin standart kotakan biasanya memiliki putaran mesinĀ  (RPM) dan tenaga (Torsi) yang masih kurang memuaskan. Oleh karena itu pada kelas standart yang mngijinkan modifikasi mesin dapat dilakukan beberapa cara modifikasi mesin standart agar memiliki putaran mesin (RPM) yang tinggi dan tenaga mesin (Torsi) yang kuat.

1. Modif Jumlah Lilitan Mesin Standart

Jumlah lilitan mesin standart pada umumnya terlalu banyak, oleh karena itu untuk meningkatkan RPM (Rotation Per Minutes) mesin standart tersebut dapat dilakukan dengan cara mengurangi jumlah lilitan tiap kutup dikisaran 15-25. Dengan jumlah lilitan yanglebih sedikit maka arus yang dilewatkan pada tiap lilitan menjadi semakin tinggi sehingga putaran mesin menjadi bertambah cepat. Perlu diingat dengan mengurangi jumlah lilitan ini akan berdampak jumlah putaran mesin per menit (RPM) akan bertambah tetapi daya putar (Torsi) mesin akan berkurang. Oleh karena itu perlu diperhatikan jumlah lilitan jangan terlalu sedikit, sebaiknya menguranginya secara bertahap.

2. Mengganti Magnet Dengan Magnet Standart Lain Yang Lebih Kuat

Tujuan mengganti magnet asli mesin standart dengan magnet mesin standart lain yang lebih kuat adalah untuk meningkatkan tenaga mesin (Torsi Mesin). Magnet mesin standart bawaan mobil kotakan pada umumnya sangat lemah, akan tetapi beberapa mobil tamiya kotakan ada yang memiliki magnet yang cukup kuat seperti magnet mesin AODA, Magnet mesin Auldey GFS atau magnet mesin tamiya mulai dari hyperdash keatas sudah cukup kuat untuk mengganti magnet mesin standart.

3. Menggati Brush Asli dengan Brush Untuk kelas Speed

Tujuan menggati brush ini adalah untuk meningkatkan konduktifitas aliran arus listrik ke lilitan mesin standart. Selain itu dengan menggati brush standart dengan brush untuk kelas speed maka komutator atau terminal kepala current menjadi lebih tahan lama.

Selain ke 3 cara modifikasi mesin standart diatas perlu diperhatikan setiap sebelum dijalankan mesin harus diberikan pelumas/penetrant agar terminal dan brush tidak cepat aus dan konduktifitas arus maksimal. Penetrant yang dapat digunakan diantaranya Philips, WD40, Perfect dan beberapa merk lain yang support untuk peralatan elektronik.

Perlu diingat sekali lagi untuk menanyakan kepada paniti perihal regulasi mesin standart boleh dimodifikasi atau tidak sebelum melakukan modifikasi mesin standart tadi tidak sia-sia.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Modifikasi Mesin Standart Tamiya"
3 Komentar Untuk Artikel "Modifikasi Mesin Standart Tamiya"
Buat Pesan Untuk "Modifikasi Mesin Standart Tamiya"