Seting Gir Untuk Tamiya Speed

Tuesday, March 24th, 2015 - Tips & Trik Tamiya

Seting gir untuk tamiya speed sangat menentukan kecepatan maksimal mobil tamiya kita. Seting yang tidak tepat akan merugikan sekali karena berakibat tidak maksimal laju tamiya speed kita. Ada asumsi bahwa dengan memasang gir pinion terbesar dan gir shaft terkecil maka kecepatan maksimal di lintasan diperoleh padahal seting gir untuk tamiya speed seperti itu tidak benar.

Seting Gir Untuk Tamiya Speed

Advertistment

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam seting gir untuk tamiya speed sebagai berikut :

  • Bentuk/model atau kondisi lintasan yang digunakan dalam perlombaan kelas speed
  • Kondisi mobil tamiya speed yang kita gunakan (diasumsikan kondisi mobil kita ideal : ringan, presisi, semua bearing lancar, ukuran ban tepat, dan mobil tidak ngerem)
  • Batere yang digunakan dalam perlombaan tamiya speed
  • Kemampuan mesin kita

Cara Seting Gir Untuk Tamiya Speed

Terkait dengan beberapa hal yang perlu dipahami para racer mini4wd untuk kelas speed dalam seting gir maka cara seting gir yang tepat adalah sebagai berikut :

Seting Gir Untuk Tamiya Speed

Seting gir tamiya speed dengan referensi melihat kondisi lintasan yang digunakan maka yang perlu diperhatikan adalah jumlah lintasan lurus dan lintasan tikungan, walaupun dalam perlombaan tamiya pada kelas speed selalu track lurusnya lebih banyak dari track beloknya. Dari track lurus tersebut kita dapat menetukan penggunaan gir pinion dan gir shaft yang digunakan. Apabila track atau lintasan lurus tidak terlalu panjang maka jangan menggunakan gir pinion terbesar yang dikombinasikan dengan gir shaft terkecil, hal ini karena top speed mobil kita tidak akan kita peroleh karena sebelum top speed diperoleh mobil tamiya kita telah masuk tikungan sehingga kecepatan menurun dan harus mulai ngejar ketinggalan lagi untuk memperoleh top speednya dilintasan lurus lagi. Dan sebaliknya untuk lintasan yang memiliki lintasan lurus (lintasan pacu) panjang jangan menggunakan gir pinion terkecil dengan kombinasi gir shaft terbesar, hal ini untuk menghindari mentoknya top speed yang tidak bisa naik lagi karena top speed sudah maksimal. Sehingga yang baik adalah bila track pacu pendek maka kurangi ukuran gir pinion dan naikan ukuran gir shaft sampai ditemukan seting gir yang tepat dan sebaliknya. Sebagai informasi saya lebih suka seting gir shaft saja untuk sesi awalnya, sehingga dengan gir pinion tetap (gir 16) dan gir shaft yang diatur (digonta-ganti) dari ukuran terkecil hingga terbesar (diawali dengan gir 28, 29, 30, 31, 32, 33 dan 34) sehingga kita pasti mendapatkan seting terbaiknya maksimal 7 kali turun (biasanya tidak smp 5 kali sudah ketemu). Karena pada saat gir sudah ketemu setingnya apabila kita ubah girnya maka tops speed akan turun (referensi dari perolehan timer tiap race).

Batere yang kita gunakan juga akan berpengaruh pada seting gir yang kita gunakan. Apabila daya atau distribusi energi batere yang kecil (bukan kapasitas ya, tapi kemampuan batere dalam mengalirkan arus ) maka hindari penggunaan gir pinion besar yang dikombinasikan dengan gir shaft kecil, karena akan membebani batere sehingga batere sehingga sebelum top speed kita peroleh maka energi batere telah habis.

Seting gir tamiya speed juga ditentukan oleh kemampuan mesin kita, apabila mesin kita tergolong tipe RPM (Putaran mesin tinggi dengan torsi/tenaga yang kurang) atau tipe TORSI (Tenaga mesin besar tapi putaran tidak terlalu tinggi) maka gir memberika kontribusi penting dalam memperoleh top speed di lintasan. Bila mesin kita tergolong RPM maka jangan gunakan kombinasi gir pinion terbesar dan gir shaft ter kecil agar mesin tidak terbebani sehingga top speed kita peroleh dengan cepat. Atau bila mesin kita tergolong tipe TORSI maka jangan gunakan gir pinion terkecil dengan gir shaft terbesar agar top speed kita peroleh dari terbatasnya RPM mesin tamiya speed kita.

Jangan ragu untuk mengganjal gir box dan memasang karet bila seting gir memang harus menggunakan gir yang tidak berpasangan, karena dengan ganjal itulah gesekan gir shaft dan gir pinion bisa dikurangi sehingga distribusi putaran mesin dapat sampai ke roda dengan maksimal. Semoga para sobat mini4wd dapa melakukan seting yang tepat pada saat pertandingan dengan seting gir untuk tamiya speed yang tepat dan cepat sehingga top speed juga kita peroleh.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Seting Gir Untuk Tamiya Speed"
1 Komentar Untuk Artikel "Seting Gir Untuk Tamiya Speed"
Buat Pesan Untuk "Seting Gir Untuk Tamiya Speed"