Seting Ukuran Ban Tamiya

Tuesday, August 13th, 2013 - Tips & Trik Tamiya

Seting ukuran ban tamiya kan memberikan pengaruh yang besar terhadap laju kecepatan mobil mini 4wd atau tamiya itu sendiri. Penggunaan ban atau roda mobil tamiya akan mempengaruhi kecepatan, kestabilan dan daya tahan ban atau roda tamiya tersebut. Setin ban atau roda pada mobil mini4wd atau tamiya yang harus diperahtikan adalah ukuran (diameter dan lebar ban atau roda), bahan atau material pembuat ban atau roda dan berat ban atau roda setelah seting. Seting ban tamiya disini yang dimaksudkan adalah ukuran ban tamiya yang digunakan, baik diameter maupun lebar dari ban tamiya yang digunakan. Selain diameter dan lebar ban pada mobil mini 4wd atau tamiya tingkat presisi ban tamiya juga berpengaruh terhadap laju mobil mini4wd tersebut.

Seting Ukuran Ban Atau Roda Tamiya Terhadap Kecepatan

Advertistment

seting ban tamiya,ban tamiya,roda tamiya,ukuran ban tamiya,ban tamiya

Roda Atau Ban Tamiya Dengan Diameter Kecil

Dengan ban atau roda mobil mini 4wd yang diset dengan diameter kecil maka mobil tamiya ini akan memiliki performa yang bagus pada saat start awal dan berbelok. Dengan ukuran diameter yang kecil maka bagian roda atau ban yang menyentuh track akan lebih kecil dan memiliki jarak permukaan chasis dan track yang lebih rendah sehingga baik untuk berbelok atau melewati tikungan.

Roda Atau Ban Tamiya Dengan Diameter Besar

Seting roda atau ban dengan diameter besar dapat memberikan titk top speed yang tinggi. Sehingga mobil mini4wd atau tamiya dengan seting diameter ban atau roda yang besar memiliki kecepatan atau laju di track lurus yang optimal. Seting ban dengan ukuran yang lebih besar seperti ini pada umumnya digunakan untuk track dengan jumlah track lurus lebih dominan dari pada tikungan.

lebar ban tamiya,seting lebar ban tamiya,ukuran lebar roda tamiya,jual ban tamiya,harga ban tamiya

Roda Atau Ban Tamiya Dengan Permukaan Lebar

Seting ukuran lebar ban yang lebih luas bertujuan untuk mendapatkan daya cengkram ke track yang lebih baik. Dengan ukuran permukaan ban yang lebar maka mobil mini 4wd atau tamiya akan stabil saat berbelok, hal ini disebabkan tingkat cengkraman roda pada track yang tinggi. Seting roda atau ban dengan permukaan lebar seperti ini sering digunakan untuk medan atau track yang memiliki banyak tikungan.

Roda Atau Ban Tamiya Dengan Permukaan Sempit

Ukuran ban atau roda dengan permukaan yang sempit akan memberikan tingkat gesekan antara track dan roda yang sedikit, sehingga mobil dapat melaju dengan kecepatan maksimal karena energi dari mesin yang disalurkan ke roda tau ban tidak mendapatkan hambatan sehingga titik maksimal putaran ban atau roda diperoleh.

Bahan Material Ban Atu Roda Tamiya

MAterial atau bahan pembuat ban yang digunakan ada beberpa macam, dari pabrikan tamiya sendiri mengeluarkan 3 jenis bahan atau material pembuat ban yaitu :

Ban Karet

Ban karet memiliki berat yang relatif lebih tinggi dari pada ban dengan bahan lain. Ban karet memiliki daya cengkram terhadap track yang lebih baik.

Ban Sponge

Bahan material ini jauh lebih ringan dari pada ban denganbahan karet. Akan tetapi grip yang dimiliki ban denganbahan sponge ini kurang baik dibandingkan dengan ban dengan bahan karet.

Ban Reston

Ban dengan bahan reston memiliki grip atau daya cengkaram yang lebih baik dari pada ban dengan bahan sponge. Ban yang dibuat dengan bahan reston ini memiliki berat yang lebih ringan dari pada ban dengan bahan karet.

Selian seting diameter dan permukaan ban atau roda tamiya yang perlu diperhatikan adalah konstruksi dari ban atau roda tamiya itu sendiri. Ban atau roda tamiya yang baik alah ban atau roda yang memiliki bentuk yang prsesisi antara ban kiri dan kanan juga presisi dalam hal bentuk dan beratnya. Tingkat akurasi atau prsesisi bentuk roda atau ban tamiya ini akan memberikan pengaruh besar pada performa laju kecepatan mobil mini 4wd atau tamya tersebut.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Seting Ukuran Ban Tamiya"
Buat Pesan Untuk "Seting Ukuran Ban Tamiya"