Seting Ukuran Dan Posisi Roller Mobil Mini4WD

Monday, August 11th, 2014 - Tips & Trik Tamiya

Seting roller dan posisi roller pada mobil tamiya atau mobil mini 4wd wajib dilakukan karena roller pada mobil tamiya atau mini 4wd adalah komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan mobil tamiya dengan track. Oleh karena itu seting pemasangan roller pada mobil tamiya wajib dilakukan pada mobil mini 4wd yang digunakan untuk lomba. Roller mobil tamiya memiliki banyak jenis baik ukuran dan bahan pembuatan roller tamiya tersebut. Ukuran dan posisi pemasangan roler ini akan menentukan stabilitas dan laju mobil tamiya di lintasan balap, dan berikut adalah beberapa halyang harus diketahui dan menjadi dasar pemilihan seting roller untuk mobil mini 4wd.

Pengaruh Seting Roller Berdasarkan Ukuran

Advertistment

Berikut beberapa pengaruh yang terjadi apabila “ukuran roller” mobil mini 4wd diseting berdasarkan ukurannya sehingga akan mempengaruhi lebar mobil sisi depan dan belakang mobil tamiya.

Seting Ukuran Dan Posisi Roller Mobil Mini4WD,Seting Roller,Ukuran Roller

  1. Seting Roller Dengan Ukuran Sama Besar

Setting ini dapat membuat mobil dengan mudah melaju pada track lurus, karena roller akan sejajar saat bersentuhan dengan dinding track. Setting ini juga mengurangi power loss.

  1. Seting Roller Dengan Ukuran Besar Di Depan

Cocok untuk track yang punya banyak belokan, karena mendorong mobil kebagian dalam track saat roller bersentuhan dengan dinding track.

  1. Seting Roller Dengan Ukuran Kecil Di Depan

Setting ini membuat mobil melaju dengan terus bersentuhan pada dinding track. Setting ini akan memberikan kestabilan saat cornering, tetapi membuat banyak power loss.

Pengaruh Seting Roler Berdasarkan Posisi Roller

Pada mobil mini 4wd untuk kategori standart terdapat 3 posisi pemasangan roller yang telah diberikan pada chasis mobil tamiya tersebut. Berikut pengaruh seting roller pada ketiga posisi chasis mobil tamiya tersbut.

Posisi Roller

  1. Roller Dengan Posisi Di Depan Dan Samping

Hambatannya kecil. Lebih responsif dengan track yang berbelok tajam. Harus dilakukan pengecekan untuk memastikan ban belakang tidak menyentuh dinding track.

  1. Roller Dengan Posisi Di Depan Dan Belakang

Jarak yang panjang antara roller depan dan belakang membuat mobil stabil baik saat melaju lurus maupun berbelok dengan kecepatan tinggi.

  1. Roller Dengan Posisi Di Depan, Samping, Dan Belakang

Bisa dikatakan setting terbaik dalam kestabilan dalam berbelok tajam dan berbelok saat kecepatan tinggi. Tetapi punya hambatan yang lebih besar karena punya lebih banyak contact point dan juga membuat mobil lebih berat.

Pengaruh Seting Roller Berdasarkan Ukuran Lebar Mobil

Seting roler berdasarkan ukuran lebar total ini diperlukan untuk kategori perlombaan balap tamiya dengan laju atau kecepatan mobil tamiya yang tinggi. Hal ini dikarenakan pada perlombaan balap tamiya yang fokus pada kecepatan maka perlu diperhatikan antara kecepatan maksimum dan stabilitas pada kecepatan maksimum tersebut. Berikut hal penting yang akan terpengaruh dengan konsekuensi seting roller berdasarkan lebar mobil tamiya.

Pengaruh Seting Roller Berdasarkan Ukuran Lebar Mobil

  1. Narrow Set-Up (Tidak Lebar)

Tidak terlalu stabil, tetapi lebih cepat melewati belokan yang tajam.

  1. Wide Set-Up (Lebar)

Pergerakan lebih sedikit akibat jarak sentuh yang lebih sedikit dengan dinding track. Hal ini membuat mobil lebih stabil.

Seting Roller Berdasarkan Posisi Ketinggian Roller

Pada chasis mobil mini 4wd dimungkinkan untuk memasang roller dengan 3 posisi ketinggian roler. Ketiga titik ketinggian posisi roler ini dapat ditemuai pada tipe-tipe atau seri mobil tamiya tertentu dan tidak semua disediakan pada chasis mobil mini 4wd. Berikut pengaruh pemasangan roller berdasarkan posisi ketinggian roller.

Seting Roller Berdasarkan Posisi Ketinggian Roller

  1. Low Position

Cocok untuk track lurus. Yang harus diperhatikan adalah hindari roller bersentuhan dengan lantai track, terlebih lagi saat track tanjakan atau turunan.

  1. Middle Position

Setting terbaik untuk track lurus maupun berbelok.

  1. High Position

Sangat stabil dalam berbelok. Cocok untuk technical track dengan banyak belokan. Perlu diwaspadai, setting ini dapat membuat mobil tersangkut pada bagian atas dinding track.

Beberapa contoh seting roller dan pemasangan roller pada mobil mini 4wd tersebut diatas dapat dikembangkan lagi untuk mendapatkan hasil dan performa mobil tamiya yang lebih optimal melaju di lintasan balap atau track tamiya pada kategori speed maupun technical track.

Bergabung Dan Dapatkan Informasi Terbaru Dari Mini 4WD Indonesia
Buat Pesan Untuk "Seting Ukuran Dan Posisi Roller Mobil Mini4WD"
Buat Pesan Untuk "Seting Ukuran Dan Posisi Roller Mobil Mini4WD"